Suka dengan Ice Cream? Ternyata Ini Asal Mulanya

Ice cream salah satu makanan yang seringkali menjadi dessert dan juga sebagai makanan yang menyegarkan di musim panas. Ternyata masih banyak fakta yang belum diketahui tentang dari mana asal makanan ini. Asal ice cream adalah sejak tahun kedua sebelum Masehi. Walaupun tidak ada tanggal khusus asal dan bukti asli dari siapa penemu ice cream.

Faktanya Alexander Agung menikmati ice cream yang diberi toping madu dan nektar. Menurut alkitab,  Raja Salomo menyukai minuman es saat panen. Lebih dari seribu tahun kemudian, Marco Polo kembali ke Italia dari Timur Jauh dengan resep yang sangat mirip dengan apa yang sekarang disebut sorbet. Sejarawan memperkirakan bahwa resep ini berevolusi menjadi es krim pada abad ke-16.

sorbet-rasa-strawberry
sorbet strawberry sebelum munculnya ice cream
Inggris tampaknya telah menemukan es krim pada saat bersamaan, atau mungkin bahkan lebih awal dari pada orang Italia. "Cream Ice". Pada kala itu icce cream sering muncul di meja Charles I pada abad ke-17.

Prancis memperkenalkan makanan penutup beku yang serupa pada tahun 1553 oleh Catherine de Medici Italia saat dia menjadi istri Henry II dari Perancis. Baru pada tahun 1660 tersedia es krim untuk masyarakat umum. Procopio Sisilia memperkenalkan resep untuk mencampur susu, krim, mentega dan telur di Café Procope, kafe pertama di Paris.

Akun resmi es krim pertama di Dunia Baru berasal dari sebuah surat yang ditulis pada tahun 1744 oleh seorang tamu Gubernur Maryland William Bladen. Iklan pertama untuk es krim di negeri ini muncul di New York Gazette pada tanggal 12 Mei 1777, saat juru masak Philip Lenzi mengumumkan bahwa es krim tersedia "hampir setiap hari."

Rekaman yang disimpan oleh Chatham Street, New York, merchant menunjukkan bahwa Presiden George Washington menghabiskan sekitar $ 200 untuk es krim selama musim panas 1790. Catatan inventaris Mount Vernon diambil setelah kematian Washington mengungkapkan "dua panci es krim timah."

Presiden Thomas Jefferson dikatakan memiliki resep favorit 18 langkah untuk kelezatan es krim yang menyerupai Baked Alaska modern. Pada tahun 1813, Dolley Madison menyajikan es krim stroberi yang luar biasa pada perjamuan perdana kedua Presiden Madison di Gedung Putih.

toko-gelato-italia-fresco
pembukaan toko ice cream fresco tahun 1981
Sampai tahun 1800, es krim tetap merupakan makanan langka dan eksotis yang kebanyakan dinikmati oleh kaum elit. Sekitar 1800, rumah es terisolasi ditemukan. Pabrik es krim segera menjadi industri di Amerika, dipelopori pada tahun 1851 oleh seorang agen susu Baltimore bernama Jacob Fussell.

Seperti industri Amerika lainnya, produksi es krim meningkat karena inovasi teknologi, termasuk tenaga uap, pendinginan mekanis, homogenizer, tenaga listrik dan motor, mesin pengepakan, dan proses pembekuan dan peralatan baru.

Selain itu, kendaraan pengiriman bermotor secara dramatis mengubah industri. Karena kemajuan teknologi yang sedang berlangsung, total produksi susu beku tahunan di Amerika Serikat lebih dari 1,6 miliar galon.

Ketersediaan es krim yang luas di akhir abad 19 menghasilkan kreasi baru. Pada tahun 1874, soda fountain shop Amerika muncul dengan penemuan es krim soda. Sebagai tanggapan atas kritik religius karena mengonsumsi soda es krim adalah hal yang berdosa pada hari Minggu, pedagang es krim meninggalkan air berkarbonasi dan menemukan es krim "Sunday" pada akhir tahun 1890-an. Nama itu akhirnya diubah menjadi "sundae" untuk menghapus hubungan apapun dengan Sabat.

ilustrasi-truk-es-krim

Es krim menjadi simbol moral yang bisa dimakan selama Perang Dunia II. Setiap cabang militer mencoba mengalahkan yang lain dalam menyajikan es krim kepada pasukannya. Pada tahun 1945, yang pertama " floating ice cream parlor " dibangun untuk pelaut di Pasifik barat.

Saat perang usai, dan penjatahan produk susu mulai naik daun, Amerika merayakan kemenangannya dengan es krim. Orang Amerika mengkonsumsi lebih dari 20 liter es krim per orang pada tahun 1946.
Pada tahun 1940 an sampai tahun 70an, produksi es krim relatif konstan di Amerika Serikat. Karena es krim yang dikemas lebih banyak dijual melalui supermarket, pabrik es krim tradisional dan soda fountain shop mulai lenyap. Kini, toko es krim khusus dan restoran unik yang menyajikan hidangan es krim telah melonjak popularitasnya.

Komentar

Posting Komentar