Asal Usul Wonton, Makanan Khas Cina yang Mendunia

Kepopuleran wonton, makanan khas Cina yang gurih dan nikmat sudah mendunia. Berbeda dengan pangsit, wonton memiliki ketebalan kulit yang lebih tipis. Pangsit biasanya dibuat dengan kulit yang lebih tebal dan memiliki berbagai jenis di setiap negara di Asia. Namun wonton berbeda, panganan ini berasal dari Cina.

Makanan tradisional Cina ini terbuat dari tepung yang diolah kemudian ditipiskan. Kulit wonton akan diisi dengan berbagai macam isian, seperti dagin babi, daging ayam, sapi, udang dan juga sayuran. Bumbu yang ditambahkan adalah jahe, bawang merah dan bawang putih dengan beberapa minyak khusus. Setelah diisi akan dibentuk, dikukus, ditata ke dalam mangkuk dan diberi kuah kaldu sebelum disajikan.

wonton-sup
sumber : http://feebyme.fr

Bentuk dari wonton sendiri sangat mirip dengan pangsit, sehingga keduanya seringkali salah diartikan. Kulit wonton memiliki ciri berbentuk persegi dengan ukuran rata-rata 6 cm, namun ada pula yang membuatnya berukuran 5 atau 7 cm. Sedangkan pangsit memiliki bentuk bulat dengan diameter 7 cm.

Wonton seringkali menggunakan tepung tang mien yang menghasilkan kulit berwarna transparan. Anda bisa melihatnya juga sebagai varian makanan Cina yaitu dim sum. Perkembangan wonton yang sudah lama, membuat banyak varian di berbagai daerah dengan rasa berbeda.

Misalnya saja wonton yang berasal dari daerah Sichuan memiliki rasa yang pedas sedangkan wonton dari Hong Kong dibuat dengan digoreng. Wonton dari Wuxi Sancian biasanya diisi dengan daging babi, udang kering dan juga tuna yang diawetkan. Wonton dari Shanghai berbentuk lebih kecil dengan isian daging babi.

Sebagai makanan Cina yang sudah ada sejak lama, wonton memiliki perjalanan yang panjang. Bagaimana kisahnya hingga akhirnya bisa mendunia seperti saat ini?

Perjalanan Wonton di Cina

Nama wonton dalam bahasa mandarin disebut sebagai ‘hun tun’ yang artinya masalah karena bentuk dari lipatannya yang sedikit rumit. Sedangkan dalam bahasa Cina Kanton, wonton memiliki arti awan, karena bentuknya yang mengambang seperti awan di atas mangkung dengan kuah bening.

Apapun nama wonton, asal usulnya berasal dari zaman dinasti Qing tepatnya tahun 1644. Dahulu sup wonton hanya dihidangkan untuk kalangan kelas atas namun setelah Perang Dunia II wonton bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Seorang politikus dari zaman dinasti Han bernama Yang Xiong menyebutkan ‘bing Wei Zhi tun’ yang artinya jenis roti dari Cina. Bedanya adalah wonton memiliki isian dan dimakan dengan cara dikukus atau direbus.

Bangsa Cina kuno berpikir bahwa wonton adalah makanan sejenis bakpao yang ditutup. Selama ribuan tahun, wonton tidak pernah banyak perubahan, dan menjadi terkenal hingga ke bagian Cina selatan.

Kebudayaan mengkonsumsi wonton sendiri adalah saat pertengahan musim dingin, dan inilah fakta penting yang merupakan asal usulnya. Zhang Zhongjing adalah seorang dokter yang tinggal di pegunungan Cina utara. Dia adalah dokter yang sangat terkenal yang menggunakan wonton sebagai media obat bagi warga desa.

Berbagai macam bahan obat-obatan diisikan ke dalam wonton, fungsinya untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin. Jadi wonton bukan hanya hidangan yang lezat namun juga akan menyehatkan tubuh.

Menurut buku masak Cina kuno, berbagai obat herbal sering dicampurkan ke dalam isian wonton. Berbagai macam isian yang bervariasi bisa menjadi media terbaik untuk menempatkan obat bagi masyarakat yang sulit untuk mengkonsumsi obat.

Sup wonton baru bekembang di luar wilayah setelah Perang Dunia II berakhir dan ekonomi masyarakat berangsur pulih. Hongkong menjadi negara pertama yang menyebarluaskan wonton, sebagai hidangan pekerja melalui kios-kios kecil. Wonton kemudian menjadi sangat populer karena rasanya yang gurih dan hangat hingga saat ini.

Komentar

Posting Komentar