7 Makanan Internasional dan Asalnya yang Melegenda

Setiap negara memiliki makanan khas yang tentunya memberikan cita rasa sangat berbeda. Tidak terkecuali Indonesia, yang memiliki makanan ternikmat yaitu rendang. Rendang sendiri pernah masuk ke dalam 50 makanan terlezat di dunia versi CNN pada tahun 2011. Jadi apalagi makanan terlezat yang juga melegenda di dunia ini?

Penasaran apa saja makanan internasional yang mungkin salah satunya ternyata pernah kamu cicipi. Yuk intip ketujuh makanan melegenda di seluruh dunia berikut ini beserta negara asalnya.

Tom Yam dari Thailand

tom-yum-ayam

Jenis makanan pertama ini disajikan dalam bentuk sup yang memiliki rasa asam yang kuat. Warna kuah yang merah seperti tomat sudah memperlihatkan tingkat keasaman rasanya. Nama dari tom yam sering dihubungkan dengan krisis di Asia yang terjadi tahun 1997. Krisis tersebut sering disebut sebagai Tom Yum Goong Crisis.

Saat ini tom yum sangat mudah ditemukan dalam bentuk pasta yang nantinya dapat dimasak dengan menambahkan kaldu. Makanan yang sudah melegenda ini telah banyak dijual dalam bentuk bumbu di seluruh dunia.

Ayam Hainan dari Cina

ayam-hainan
sumber : https://steemit.com
Makanan yang kedua adalah ayam hainan, hidangan ini berasal dari Cina selatan. Bentuknya adalah ayam yang direbus dengan bumbu khusus kemudian dipotong dan diletakkan diatas nasi yang sudah dibumbui. Ditambah juga dengan hiasan timun. 

Awalnya hidangan ini diadaptasi dari imigran Cina yang tinggal di provinsi Hainan, Cina Selatan. Dulunya bernama Wenchang Chicken yang merupakan salah satu dari empat hidangan penting saat dinasti Qing. Kini ayam hainan telah dikenal dan disukai seluruh Asia bahkan seluruh dunia.

Kare dari Jepang

nasi-kare-jepang
sumber : https://tokyotreat.com
Siapa yang tidak suka dengan kare Jepang? Jika Anda adalah pecinta kare Jepang ketahuilah bahwa hidangan ini adalah salah satunya yang melegenda di dunia. Hidangan kare diperkenalkan pada era Meiji yaitu tahun 1866-1912. Biasanya disajikan dalam bentuk nasi kare, kare udon, dan juga roti kare. 

Saus kare yang dulunya berasal dari kari India yang dibawa ke Jepang oleh orang Inggris. Kemudian kerajaan Jepang mengadopsi hidangan tersebut untuk mencegah penyakit beri-beri. Saat ini kare Jepang telah tersedia dalam bentuk pasta padat di seluruh supermarket di dunia.

Neapolitan Pizza dari Italia

piza-neopolitan-berwarna-merah
sumber : https://www.mctavish.com
Pecinta pizza pasti tahu neapolitan pizza asli dari Italia. Makanan ini sangat melegenda dan berasal dari kota Naples, Italia. Hidangan ini sangat sederhana dan fresh yaitu menggunakan adonan pizza dasar, tomat segar, keju mozarella dan daun basil serta minyak zaitun. 

Pizza ini tidak membutuhkan toping mewah seperti daging atau sosis. Namun justru inilah karakteristik yang membuatnya melegenda. Saus dan juga keju yang digunakan tidak akan membuat roti terlalu basah atau alot.

Donat dari Amerika

plain-donut
sumber : https://www.indystar.com
Jika dilihat film-film Amerika, kebiasaan saat pagi adalah mengkonsumsi donat. Hal itu memang nyata adanya sehingga donut termasuk kategori makanan yang melegenda dari Amerika. Donat awal mulanya ketika New York awal-awal terbentuk yaitu pada awal abad ke 18. 

Donat berbentuk seperti cincin yang digoreng kemudian diberikan berbagai macam toping pada bagian atasnya. Bentuk cincing adalah bentuk asli, yang kemudian banyak dimodifikasi dengan berbagai macam isian selai atau coklat.

Kebab dari Turki

shis-kebab-turki
sumber : https://verygoodrecipes.com
Arti dari kata kebab adalah ‘memanggang’ yang ditujukan pada patty daging yang dicampur dengan berbagai herbs kemudian dipanggang. Nama hidangan kebab sendiri diketemukan dalam tulisan dari tahun 1377. Saat ini semua orang mengenal apa itu kebab dan sangat menyukainya. 

Seiring perkembangan waktu, kebab juga memiliki berbagai macam jenis. Baik itu shish kebab yang ditusuk dengan jeruji besi kemudian dipanggang. Ada pula Orman kebab yang terbuat dari daging domba panggang. Koyun kebab adalah jenis kebab yang dibalut dengan kulit tortila.

Croissant dari Perancis

roti-perancis-croissant
Croissant adalah makanan internasional dan asalnya dari Perancis. Hidangan ini sangat menggambarkan negara Perancis yaitu menara Eiffel. Croissant adalah hidangan yang dikonsumsi pada saat pagi hari bersama dengan teh. Ada berbagai macam Croissant sesuai dengan isiannya, namun plain adalah yang paling favorit. 

Asal mula Croissant sendiri adalah pada abad ke 13 di Austria sedangkan Croissant modern dimulai pada tahun 1683. Saat itu invasi Turki membuat banyak pembuat roti kehilangan pekerjaannya. Namun Polandia akhirnya mengalahkan Turki dan sebagai hidangan untuk merayakannya para pembuat roti membuat Croissant yang menjadi simbol  crescent moon. 

Komentar

Posting Komentar